Tips Mengatur Keuangan rumah Tangga
Tips Mengatur Keuangan Rumah Tangga / mengaturkeuangan

Myseryniti.com, Mengatur keuangan rumah tangga memang susah-susah gampang. Terlebih jika akhir bulan atau awal bulan saat gaji bulanan cair, pastilah kebutuhan sangat banyak.

Jika tidak pandai mengatur keuangan, hasil kerja keras selama sebulan akan habis terpakai dan tidak menyisakan untuk tabungan. Saat membutuhkan uang darurat maka kita tidak punya simpanan sama sekali, akhirnya pinjaman uang lah menjadi solusi bagi sebagian orang.

Jika meminjam kepada saudara pasti cukup mudah untuk mengembalikannya, tetapi jika kita meminjam uang dari bank atau koperasi pastilah ada bunga di setiap pembayarannya. Gaji selama sebulan pun akan tambah terkuras habis, belum lagi untuk keperluan rumah tangga, serta untuk membayar hutang plus bunga belum lagi untuk biaya anak sekolah.

Maka dari itu seorang ibu memerlukan strategi untuk mengatur keuangan rumah tangga agar tidak kebobolan.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga
Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga / diaryperempuan

Berikut adalah tips mengatur keuangan rumah tangga agar para ibu rumah tangga bisa memperhatikan pengeluaran setiap bulannya.

  1. Rencanakan Belanja Bulanan dengan Matang

Merencanakan belanja bulanan memang sangat perlu bagi para ibu sebelum menerima gaji bulanan. Disarankan untuk membuat daftar belanjaan pada saat akan berbelanja karena jika tidak pemborosan keuangan cenderung terjadi ketika menggunakan uang untuk mengikuti keinginan yang belum tentu menjadi kebutuhan.

Saat melihat barang-barang di pasar swalayan maupun di mal bahkan di pasar tradisional, terutama saat banyak promo atau harga murah pastilah akan tergiur dengan barang yang terbilang murah.

Akan tetapi barang tersebut sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan, maka hindarilah tergiur dengan harga-harga promo jika memang ibu tidak memerlukan barang tersebut. Sebab hanya akan menghabiskan uang meskipun harganya murah.

Belanjakan uang sesuai dengan rencana yang telah disusun. Ketika sudah waktunya berbelanja maka belilah barang-barang sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan anggaran belanja yang sudah di susun.

Namun jangan menggunakan uang melebihi anggaran yang telah disusun, karena uang yang tersisa sudah dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Menggunakan anggaran tertulis untuk merencanakan pengeluaran dapat meminimalisir resiko pemborosan.

  1. Kurangi memakai kendaraan pribadi

Jika kamu wanita karir pastilah kamu perlu memakai transportasi untuk sampai ke tempat bekerja, memakai kendaraan seperti mobil akan menghabiskan banyak bensin dan bensin untuk mobil itu memerlukan dana yang cukup besar belum lagi perawatannya.

Sama hal nya dengan motor, jika kita memakai motor untuk jalan-jalan juga akan menghabiskan banyak dana dengan mengisi bensin, belum lagi jika sedang mengajak si kecil ke tempat wisata harus membayar tiket masuk.

Usahakan untuk menggunakan transportasi umum seperti bis, karena dengan menggunakan bis saat berangkat bekerja maupun untuk jalan-jalan memang menjadi solusi paling jitu, karena tarif bis relatif lebih murah fasilitas nya pun nyaman terlebih lagi jika kamu menggunakan bis kamu akan mengurangi angka kemacetan di jalanan terutama di ibu kota.

  1. Mecari penghasilan tambahan

Meskipun bekerja di kantoran tak menghambat untuk memulai peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan, salah satu nya dengan berjualan online.

Berjualan online memang solusi yang paling tepat bagi yang ingin mencari penghasilan lebih, dan juga tidak mengganggu aktivitas di kantor. Saat kita berjualan online kita bisa membalas pembeli saat jam istirahat kantor ataupun saat sudah pulang bekerja.

Berjualan online juga tidak akan mengabiskan banyak tenaga karena kita bisa memantau dan membalas pembeli dengan menggunakan handphone. Saat sudah deal maka kita tinggal mengemas barang pesanan dan mengirimnya ke agen pengiriman yang dekat dengan rumah.

  1. Kurangi kebiasaan makan di luar

Kebiasaan makan diluar biasanya sering dilakukan, karena mudah dan praktis jika waktu dirumah yang tidak banyak. Akan tetapi harga makanan diluar terbilang cukup mahal apalagi jika kita memesan makanan di restoran yang terkenal.

Sering kali saat kita sedang istirahat kerja atau saat pulang kerja membeli makanan diluar tanpa memikirkan harga dan berfikiran asal perut kenyang dan tidak perlu memasak, justru itu yang salah dengan kita memasak sendiri akan menghemat anggaran bulanan.

Kita bisa membuat menu masakan praktis yang tidak memerlukan banyak waktu, selain itu dengan membuat makanan sendiri kita bisa mengurangi dampak penyakit dari makanan yang kita makan.

Maka cobalah dengan mulai membuat masakan sendiri, selain sehat dan murah juga kamu bisa mengkreasikan makanan yang kamu buat.

  1. Kontrol kartu kredit

Berbelanja menggunakan kartu kredit memang mudah dan semua dapat dibeli. Kartu kredit dapat membantu kamu mengelola keuangan, jika menggunakannya dengan cerdas, seperti menggunakan promo untuk memenuhi kebutuhan bulanan kamu.

Akan tetapi banyak pula yang menggunakan kartu kredit seenaknya dengan membeli barang yang kita mau tanpa memikirkan pembayaran. Ini dapat membuat kamu terjebak dalam utang jangka panjang. Maka dari itu gunakan lah kartu kredit dengan sebaik-baiknya.

Mengatur keuangan memang masalah yang serius karena menyangkut kehidupan kedepannya. Jika kita terus-terusan boros maka apa yang kita dapat dari hasil bekerja selama sebulan akan habis dalam hitungan hari saja. Semoga tips mengatur keuangan rumah tangga di atas bisa membantu kamu meminimalisir pengeluaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here